Obat Alami Terbaik Untuk Menghilangkan Flek Hitam

Obat Alami Terbaik Untuk Menghilangkan Flek Hitam - Khawatir penampilan jadi berantakan gara-gara flek hitam ? ingin menghilangkan flek hitam ?. Tentu kita bisa menghilangkannya melalui obat alami sederhana yang bisa dilakukan sendiri dirumah untuk memudarkan bahkan menghilangkan flek hitam.

obat alami terbaik untuk menghilangkan flek hitam

Sudah kita ketahui bahwa flek hitam adalah masalah kulit yang banyak dialami oleh remaja maupun orang dewasa. Flek hitam di wajah disebut juga sebagai hiperpigmentasi, hal ini bisa terjadi ketika kulit  terkena sinar matahari berlebih, sehingga produksi sel melanin menjadi berlebihan. Warna dari flek hitam sendiri bisa berbeda-beda atau bervariasi, ada yang berwarna coklat muda hingga warna merah atau sedikit berwarna kehitaman. Flek hitam ini biasanya cenderung muncul di berbagai bagian tubuh yang mudah terkena sinar matahari seperti wajah, punggung, leher, tangan, bahu, dan kulit kepala. Flek hitam juga sering disebut sebagai flek coklat, bintik matahari, bintik-bintik penuaaan, flek hati, atau disebut sebagai tanda dari penuaan dini. Tentu, flek hitam akan membuat kita agak minder dan sedikit malu. Namun, tenang kita tidak sendirian, masih banyak diluaran sana yang mengalami flek hitam di wajah.

Berikut penyebab utama yang mengakibatkan pembentukan flek hitam di wajah :
  • Paparan sinar matahari
  • Penuaan dini
  • Kelainan genetik / ketidakseimbangan hormon
  • Menopause atau kehamilan
  • Stres
  • Perawatan kulit yang tidak tepat
  • Kerusakan organ hati / hepatitis
  • Hiperpigmentasi kulit
  • Kurangnya vitamin seperti vitamin C atau Vitamin B12
  • Merokok
  • Kanker
  • Infeksi kulit
  • Diabetes

Ada banyak perawatan untuk menghilangkan flek hitam. Salah satu perawatan yang terbilang mahal adalah melalui sinar laser, terlebih perawatan tersebut memiliki efek samping yang tidak baik. Nah, pengobatan lain yang paling dianjurkan dan tidak memiliki efek samping adalah melalui pengobatan ala rumahan secara alami yang dapat di buat sendiri.

Beberapa obat alami terbaik untuk menghilangkan flek hitam dan bintik gelap di wajah :
Ingin tahu bagaimana kita dapat menghilangkan flek hitam ? Berikut adalah beberapa pengobatan sederhana dan mudah dilakukan dengan bahan-bahan alami yang terdapat di dapur.

Air Lemon

Air lemon dapat bermanfaat sebagai senyawa pemutih alami karena memiliki kandungan keasaman organik, sehingga dapat membantu kita untuk memudarkan bahkan menghilangkan flek hitam di kulit. Kandungan pemutih alami dapat membantu menghilangkan flek hitam dibagian tubuh mana pun, mau itu diwajah, di punggung, di leher, dan dibagian tubuh yang lain.

Cara pemakaiannya pun mudah. Kita hanya perlu memeras lemon dan mengambil airnya untuk dioleskan ke bagian yang terkena flek hitam, lalu diamkan selama setengah jam, kemudian bilas dengan air dingin. Ulangi cara pengobatan ini setidaknya dua kali dalam sehari. Ini merupakan obat alami tanpa efek samping, jadi dibutuhkan 2 bulan untuk melihat hasil yang memuaskan.

Selain itu, ada cara lainnya dalam menggunakan lemon untuk menghilangkan flek hitam yaitu dengan mencampur air lemon dengan sedikit gula yang telah dilarutkan didalamnya, lalu oleskan pada kulit yang terkena flek hitam. Diamkan selama setengah jam, lalu bilaslah dengan air hangat. Cara ini tidak hanya dapat menghilangkan flek hitam namun juga dapat menghilangkan bintik hitam yang disebabkan oleh penuaan dini atau usia.

Lemon adalah salah satu obat terbaik yang mudah dan cepat untuk menghilangkan flek hitam. Cobalah.

Buttermilk

Di dalam buttermilk terdapat kandungan asam laktat yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Flek hitam dapat dihilangkan dengan buttermilk. Oleskan buttermilk pada daerah kulit yang terkena flek hitam dengan bantuan kapas, lalu diamkan selama beberapa menit dan kemudian cuci dengan air biasa. Jika kita memiliki jenis kulit berminyak atau berjerawat, campurkanlah buttermilk dengan sedikit air jeruk. Atau kita juga dapat mencampur 4 sendok teh buttermilk dengan 2 sendok teh air tomat sebelum mengoleskan pada kulit yang terkena flek hitam. Flek hitam secara bertahap akan memudar bahkan menghilang apabila kita teratur dengan menggunakan cara ini.

Yogurt

Yougrt akan membantu kita untuk memudarkan bahkan menghilangkan flek hitam dengan cara alami. Oleskan yogurt langsung pada flek hitam dan biarkan mengering selama 20 menit, lalu kemudian cuci dengan air dingin. Untuk mendapatkan hasil terbaik, oleskan yogurt secara langsung pada kulit yang terkena flek hitam sebelum tidur dan biarkan selama semalam. Pagi harinya baru dicuci.

Kita juga bisa membuat ramuan yogurt dengan mencampur 1 sendok makan yogurt, 2 sendok makan oatmeal dan 1 sendok teh air lemon. Gunakan ramuan ini pada kulit yang terkena flek hitam dan biarkan selama sekitar setengah jam. Kemudian cuci, dan setelahnya oleskan pelembab kulit. Terapkan cara ini selama 1-2 bulan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Lidah Buaya

Aloe vera yang terdapat di dalam lidah buaya adalah obat yang efektif untuk menyembuhkan kulit, luka terbakar, dan flek hitam. Aloe vera berfungsi sebagai pelumas, penyejuk dan pemelihara kulit dari ruam dan komedo. Gosokan gel lidah buaya secara langsung pada flek hitam. Lalu diamkan selama 45 menit dan bilaslah dengan air dingin. Ulangi dan terapkan cara ini secara rutin 2 kali sehari selama satu bulan. Maka, secara bersamaan, kita tidak hanya dapat menghilangkan flek hitam, namun juga dapat menghaluskan kulit. 

Minyak Jarak

Minyak jarak adalah obat alami alternatif lain yang baik untuk menghilangkan flek hitam. Minyak jarak memiliki sifat penyembuhan yang kuat, sehingga dapat membantu menghilangkan flek hitam secara efektif. Oleskan minyak jarak pada flek hitam dengan kapas dua kali sehari, sekali pada pagi hari dan sekali pada malam hari.

Selain minyak jarak, kita juga bisa menggunakan minyak kelapa, minyak vitamin E, minyak almond atau minyak zaitun untuk menghilangkan flek hitam.  


Bubuk Kayu cendana

Kayu cendana adalah bahan alami yang mengandung antiseptik terbaik, terlebih dapat bermanfaat sebagai anti penuaan. Kita bisa membuat ramuan dengan campuran bubuk kayu cendana, gliserin, air mawar dan air lemon. Gunakan ramuan ini pada flek hitam dan diamkan sampai kering. Lalu, cucilah dengan air dingin. Gunakan setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Kita juga bisa menggunakan minyak cendana, dengan mengoleskan sambil dipijat lembut pada flek hitam di malam hari, lalu biarkan semalaman dan cuci dipagi harinya.

Ramuan Lobak Pedas

Lobak pedas adalah ramuan luar biasa yang dapat membuat kulit bersih dan menghilangkan flek hitam. Buatlah pasta dari lobak pedas dan mengoleskannya pada kulit yang terkena flek hitam secara langsung.

Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim tertentu yang dapat membantu menghilangkan noda pada kulit, flek hitam, dan jerawat. Gosok parutan pepaya mentah pada flek hitam. Lalu diamkan selama 20 menit, kemudian bilas kulit dengan air hangat. Cara ini bisa membuat kulit kita lebih bersih dan cerah. Rutinkan menggunakan obat alami ini 2 kali sehari sampai flek hitam menghilang.

Kismis Merah

Makanan yang unik ini akan membantu kita menghilangkan flek hitam secara alami. Ambil 1/4 cangkir kismis merah (mentah) lalu ditumbuk dan dicampur dengan satu sendok makan madu. Lalu oleskan ramuan ini pada flek hitam dan diamkan sampai mengering selama setengah jam, kemudian cuci dengan air hangat. 

Air Bawang Merah (Jus)

Oleskan bawang yang telah diblender langsung pada flek hitam. Atau gosokan beberapa irisan bawang di atas kulit yang terkena flek hitam tiga kali sehari. Bawang merah ini bisa bermanfaat sebagai pemutih alami yang dapat membantu menghilangkan flek hitam, karena kandungan asam didalamnya.

Air Tomat

Air tomat dapat dicampur dengan air lemon sebagai obat terbaik untuk menghilangkan flek hitam, memudarkan noda, dan menghilangkan pigmentasi gelap. Oleskan campuran air tomat dan air lemon sekali dalam sehari agar lebih efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar